Cuapyek Dyeeehhh…

OK, saya udah ketinggalan jauh mengenai Linux…

Sekarang mah peraturannya ketat, harus serba siap, jadinya mau testing ini itu harus ditunda karena banyak tugas. Namun gue anggap itu sebagai salah satu jalan untuk mencari penghasilan #eaaa

Baru tadi siang aku update ArchLinux saya, waw… ngantri banget… ada 298 MB update tapi buanyak banget paketnya… mulai dari Kernel, KDE, LibreOffice, ampe Inkscape pun siap menghantui saya.

Saya update…

[itachi@archlinux ~]$ sudo pacman -Syu
Password:
:: Synchronizing package databases...
testing 96.8 KiB 23.4K/s 00:04 [#################################] 100%
core 105.1 KiB 24.3K/s 00:04 [#################################] 100%
extra 1349.3 KiB 42.1K/s 00:32 [#################################] 100%
community-testing 2.9 KiB 72.0K/s 00:00 [#################################] 100%
community 1507.9 KiB 44.4K/s 00:34 [#################################] 100%
archlinuxfr 29.6 KiB 25.8K/s 00:01 [#################################] 100%
:: The following packages should be upgraded first :
pacman
:: Do you want to cancel the current operation
:: and upgrade these packages now? [Y/n] y

resolving dependencies...
warning: dependency cycle detected:
warning: udev will be installed before its util-linux dependency
looking for inter-conflicts...

Targets (14): ca-certificates-20120212-1 glib2-2.30.2-2 glibc-2.15-6 gmp-5.0.4-1 kmod-5-4
libarchive-3.0.3-4 ncurses-5.9-3 pacman-mirrorlist-20120211-1 pciutils-3.1.9-1
pcre-8.30-1 shadow-4.1.5-3 udev-181-2 util-linux-2.21-2 pacman-4.0.2-1

Total Download Size: 15.96 MiB
Total Installed Size: 81.24 MiB
Net Upgrade Size: 3.21 MiB

Proceed with installation? [Y/n]
:: Retrieving packages from testing...
libarchive-3.0.3-4-i686 607.8 KiB 38.2K/s 00:16 [#################################] 100%
util-linux-2.21-2-i686 1375.7 KiB 40.4K/s 00:34 [#################################] 100%
:: Retrieving packages from core...
glibc-2.15-6-i686 7.3 MiB 41.3K/s 03:01 [#################################] 100%
pacman-mirrorlist-20120211-1-any 2.5 KiB 136K/s 00:00 [#################################] 100%
pacman-4.0.2-1-i686 1027.2 KiB 43.8K/s 00:23 [#################################] 100%
ca-certificates-20120212-1-any 127.0 KiB 34.6K/s 00:04 [#################################] 100%
ncurses-5.9-3-i686 982.7 KiB 44.0K/s 00:22 [#################################] 100%
shadow-4.1.5-3-i686 1142.2 KiB 43.3K/s 00:26 [#################################] 100%
gmp-5.0.4-1-i686 492.0 KiB 41.0K/s 00:12 [#################################] 100%
pcre-8.30-1-i686 835.7 KiB 43.4K/s 00:19 [#################################] 100%
glib2-2.30.2-2-i686 1755.4 KiB 44.1K/s 00:40 [#################################] 100%
kmod-5-4-i686 77.6 KiB 32.2K/s 00:02 [#################################] 100%
pciutils-3.1.9-1-i686 226.3 KiB 38.2K/s 00:06 [#################################] 100%
udev-181-2-i686 212.7 KiB 30.3K/s 00:07 [#################################] 100%
(14/14) checking package integrity [#################################] 100%
(14/14) loading package files [#################################] 100%
(14/14) checking for file conflicts [#################################] 100%
error: failed to commit transaction (conflicting files)
udev: /lib/initcpio/hooks/udev exists in filesystem
udev: /lib/initcpio/install/udev exists in filesystem
Errors occurred, no packages were upgraded.

Alamak… apa-apaan nih? aku pun mengambil resiko dengan menghapus file yang bikin bentrok

<CENSORED>Parental Advisory! Explicit Content</CENSORED>

OK semua sudah dijalani, sudah kuremove file itu dan langsung aku upgrade sekali lagi dengan pacman -Syu dan langsung aku ulangi perintah itu.

2 jam kemudian, setelah menunggu dirimu ngapdetnya selesai, langsung saya reboot. Tapi… alamak! malah masuk busybox… arrrggggggggggghhhhhhhhhh… sial =_______=”

Saya sempet mikir, gimana caranya memperbaiki Arch tanpa harus menginstall ulang, cz kalo diinstall ulang repot juga… repot repot repot, pokoknya kiamat dunia matematika deh kalo harus install ulang… saya pun teringat saya pernah make chroot buat nginstall arch, ah kenapa ngga dipake aja ya…

OK JANG! langsung maen hati console aja…

1. Booting via Installer CD
2. Buat folder buat recover
# mkdir /mnt/recovery

3. Pindah tempat…
# cd /mnt/recovery
# pwd
/mnt/recovery

4, Mount proc, sys, ama /dev
# mount -t proc proc proc
# mount -t sysfs sysfs sys
# mount -o bind /dev dev/

5. Beraksi! 😄
# chroot .
(jangan lupain tanda titik (“.”) setelah chroot)

Nah, disini saya bingung mw ngapain lagi… langsung weh saya install ulang kernelnya, mkinitcpio ama udev-nya… OK saya install ulang… dan direstart.

Yang terjadi malah gitu lagi gitu lagi… =__________=”

Bingung dah…

Apa karena saia ngedelete itu yah?

Mungkin?

Saya pun install ulang udev-nya…

# pacman -U /var/cache/pacman/pkg/udev-181-2-i686.pkg.tar.xz
# mkinitcpio -p linux
# exit

dan unmount semuanya…

# umount {proc sys dev}
# exit

restart

# reboot

YUP! VOILA! akhirnya bisa booting juga via ArchLinux dengan kernel 3.2.7-1😄

NO PIC = HOAX doms …

Comments on: "Mengendalikan Kernel Panic Pada ArchLinux" (2)

  1. keren nih, tapi engga selalu karena udev kan ya? mungkin ada kasus lain gtu yang bisa di share?🙂

  2. ada banyak kemungkinan. salah satunya compile kernel atau upgrade sistem, tapi dalam kasusku sih udev biang keladinya.

    kalo mw diusut, sebenarnya kamu bisa menggunakan trik ini pada kasus selain kasus ini… tinggal sesuaikan aja paket apa yg bermasalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: