Cuapyek Dyeeehhh…

OK sekadar catetan kecilku…

Yah, Sejak jaman jebot kecil kalo nginstall slackware, emang harus pake dividi, lah? gimana kalo ada update-an slack-current? moso harus beli-beli dividi tiap ada yg mau nginstall? mana flashdisk ngutang minjem lagi =))

Nah, saya dikasih kerjaan nginstall Slack di lappy temen sekamar sekelas! LAH? KOQ NETBOOK? arrrggggghhhhhhh… mana koneksi ga ada, terpaksa otak atik ubek ubek pake syslinux, dan hasilnya? GAGAL TOTAL 1000000000% (doh)

Setelah saya otak atik ubek ubek sampe otak pun kebalik, akhirnya saya pake jurus  “rit de  fakking manuwel” dan ternyata, eh ternyata ada folder yg namanya /usb-and-pxe-installers di DVD slack, dan jreng, saya booting, dan berlangsung dengan khidmat, semoga menjadi keluarga yg sakinah mawa… WOI! =))

OK jurusnya adalah:

Pertama, kita harus malak FD teman/pacar/gebetan/istri/suami/bapak/ibu/kakek/nenek… halah, siapa aja deh, atau kalo anda punya FD yaudah jangan malak😛

Kedua, karena ukuran Slackware yg 2 gb (tanpa source dan pasture) dan FD yg saya palak ini 2 gb kurang, maka saya hapus beberapa paket dari kdei dan sedikit trik mengubah ukuran minimumnya…

SEDIKIT EDITAN PAKE NANO-NANO, RAME RASANYA…

linux-lyjs:~/slackware-current/usb-and-pxe-installers # nano usbimg2disk.sh

Dan edit variabel dibawah ini…

# Prepare the environment:
MININSFREE=2000

Nah, karena  saya cuma ada 2 gb flash disk hasil malak, tadinya saya nebak dengan ngisi 2500, ternyata masih error =)) hadeh… OK 1500, bisa =))

Selanjutnya…

linux-lyjs:~/slackware-current/usb-and-pxe-installers # sh usbimg2disk.sh  -f -i usbboot.img -o /dev/sdb

WARNING!! MAYDAY!! perintah ini akan menghapus semua data anda di flashdisknya…

Lalu, pake perintah selanjutnya…

linux-lyjs:~/slackware-current/usb-and-pxe-installers # sh usbimg2disk.sh -s /root/slackware-current/ -o /dev/sdb

Selamat, anda telah mendapatkan jodoh slackware di flash disk anda dan siap dibooting kapan saja dan dimana saja:mrgreen:

Comments on: "How To Install Slackware Via USB Stick" (4)

  1. woooow, artikel yang menarik, bisa jadi tugas untuk mahasiswa saya, hahaha

  2. prikitiew … ini yang saya tunggu … (worship)

  3. utamanya bikin flashdisk jadi bootable bisa gunakan syslinux punya slax atau lebih praktis pakai grub4dos, saya sudah coba keduanya dan berhasil buat install slackware

  4. Terima kasih info nya, saya mau coba install dari usb flash

Leave a Reply

