Cuapyek Dyeeehhh…

Alasan (Gue) Memakai Linux

Awalnya sih, gue ga kepikiran bisa menjadi Linuxer seperti sekarang, waktu itu, taun 2003 (kalo ngga salah), gue pertama kali pake distro Linux itu distro Mandrake 8.0 “traktopel”, gue heran, ini OS koq bisa-bisanya dalam satu CD lengkap dengan segala tetek-bengeknya ya?, ini alasan pertama gue memakai Linux.

Kemudian, gue mencoba RedHat 9.0 “Shrike” dari Buku Mini InfoLINUX yang dibeli bokap gue itu, mantep juga nih OS, pake ah… (padahal masih ada Windows 2000)😛

Nah, gue mulai bete ama 2 distro yang itu lagi-itu lagi…, akhirnya ke toko buku Gramedia BSM (Bandung Supermall), dan disitu ada buku baru nih, “SuSe 9.1”, pas gue bilang “beli yah”, bokap gue bilang “apaan? suse? jelek tau”, hampir aja gue nangis waktu itu, namun pas acara Tahadu Tahabu (acara tukeran hadiah antar ortu-siswa), hadiahnya apa coba? gue dapet buku SuSe 9.1!!

OK, dicoba… wiiiiiiiihhhhhhhhhh… mantap bok! SuSe 9.1 yang gue install, berisi :
1. KDE 3.2
2. OpenOffice (lupa versinya)
3. Game-game yang belum pernah dimainin sebelumnya (seperti enigma, frozen-bubble)
4. Codec MP3 (indahnya jaman kanak-kanak :P)
dll (pokoknya jaman dulu, SuSe itu menawan)

Kemudian, gue dapet kabar dari Komputek (jaman dulu mah, gue belum kenal “Internet”), SuSe 9.3 tersedia, namun di toko buku hanya ada openSUSE 10.0, gapapa…

Langsung BELI!, Install, dan langsung ngebet ama KDE 3.4nya…

Nah, di tahun 2006, gue nyobain Slackware 10.0 (yang katanya tersusah sedunia), gue ngobrol ama seseorang di toko buku  itu
X (Tidak Dikenal) : “Ade, jangan nyobain Slackware, susah”
I (Gue) : yah… nyoba dulu atuh, apa salahnya?
X : Tapi dek, sepertinya ini distro ngga cocok buat kamu

(Sepertinya nih orang ingin menghindar dari Slackware), beli aja deh, jangan pikirin apa kata dunia, langsung dicoba, akhirnya… gampang juga toh… (Gampang-gampang begini disebut “susah”, duh)

Hah… KDE 3.3nya lumayan, cuma masih belum secantik SuSe 10.0 yang gue pake, untungnya slackware bebas untuk dikustomisasi!

Perkenalan dengan Ubuntu itu waktu gue dikasih ShipITnya Ubuntu 5.04, yang waktu itu masih “memble”, namun perkenalan sebenarnya diawali saat gue beli InfoLINUX 06/2007 dengan Bonus Ubuntu 7.04 “Feisty Fawn”, coba, kurang menawan ah… masih mending openSUSE 10.2-nya!

Namun, pas gue membuat grup Linux di AMIK Al-Masoem, gue merasa ada yang menarik gue ke Ubuntu, dan gue seperti terhipnotis oleh orang yang bernama “somat” (liat di proyektornya :P), yang sekarang gue kenali sebagai Pakdhe Somat😛

Dan, sampe sekarang gue pake 9 distro Linux, yaitu :
1. Kubuntu 9.10
2.openSUSE 11.2
3. Slackware 13.0
4. Debian 5.0
5. Gentoo 2008.0 (masih menunggu Gentoo 10.0 dari Baliwae)
6. Fedora 11
7. BlankOn 5 setengah (pake KDE sih :P)
8. Ubuntu Server 9.10 (+LXDE)
9. LXDE LiveCD dari bos Vavai

dan Alasan gue Pakai Linux ini adalah :
1. Menghormati HaKI
2. Keprihatinan terhadap software piracy aka bajakan
3. Simpel, ga ribet, bebas virus
4. Gue belum kuliah, jadi gue bebas melakukan apa aja tanpa tugas VB, Delphi, dll (malah gue nawarin alternatif VB dan Delphi :D)
5. Bebas Berdemo Linux (dan segala perbandingannya)
6. Memperlihatkan Compiz Fusion (banyak yang kepincut… hahahahaha)
7. Menjawab pertanyaasn murid-murid gue tentang tampilan, kelebihan, dan kekurangan distro A, B, C, dll

Sekarang mah, pekerjaan jadi makin gampang, (ya iyalah… udah punya tengtop :P)

Kalo anda? apa alasan anda memakai Linux? sharing dong

Comments on: "Alasan (Gue) Memakai Linux" (14)

  1. Dahsyat cuy slackware dibilang gampang

    “Gue belum kuliah, jadi gue bebas melakukan apa aja tanpa tugas VB, Delphi, dll”. Ini nih yang bikin q ga bs migrasi sepenuhnya di Linux, gara2 msh ada tugas yg berhubungan sama we*dows

  2. Itachi Linux said:

    @deaky : ya iyalah gampang, waktu itu belum pernah ada distro yang bisa langsung ber-mp3 ria, bisa bebas berkustomisasi, bisa mengkompel kernel sendiri😛, jadi weh gue bilangnya gampang

    SLACKWARE IS ROCKS

  3. huhuyyyyyyyyyyyyyyyyu, alasan pake linux ya itu dia hehe ampir sama dikit dan pastinya soal virus juga dan ternyata lebih tenang tentram karena tidak pake barang bajakan hehe dan bisa menghargai karya orang. dan ternyata lebih nyaman hehe gw pake ubuntu dan yang gw rasakan ternyata untuk sehari2 semuah sudah ada kebetulan saya bukan orang komputer tapi sehari2 hoby yah maenan komputer dari pada bengong hehe

  4. mantab…😀

  5. iyes gan emang gitu kalau kenalan ama linux
    teak garden furniture

  6. keren sob hidup open source dari pada pake mr. jendela bajakan… nggak malu tuh?? huhui😀

  7. banyak banget mankenya gan?? install dimana? Virtualbox kah?
    tapi mantapz….!!

  8. mulai make mandrake itu pas umur berapa?

  9. extended semua ya. masi ada jatah primary? freebsd mungkin perlu diicip, kalo belum.

    opensuse: the most well integrated-polished desktop. ♥
    debian: the most idealist distro, but stable.
    slackware: the most generic distro, but complete.
    gentoo: for the most patience user.😀
    arch: be slacky and patience, get faster.

    udah pas belum ya?:mrgreen:

Leave a Reply

