Cuapyek Dyeeehhh…

Testing openSUSE 11.2

Setelah sekian lama (padahal baru beberapa hari rilis) ingin mencoba rilis openSUSE 11.2 “Emerald”, akhirnya tercapai juga dengan memalak juragan warnet di deket gue, dengan modal openSUSE 11.2 KDE 4.3.2 LiveCD, akhirnya gue bisa menikmati openSUSE yang satu ini, dan berikut pembahasannya

Desktop
OK, setelah beberapa lama ngopi ISOnya, akhirnya gue ngoprek nih ISO, bagaimana caranya supaya ngga keluar duit hanya untuk menginstall openSUSE, setelah blogwalking dan mencari-cari artikel di openSUSE-ID, gue baru tau kalo openSUSE 11.2 LiveCD itu menggunakan Hybrid ISO (yaitu ISO yang bisa diinstall di LiveUSB) nah saat gue coba nginstall di LiveCD dengan perintah dd, itu ada tulisan “Missing operation system”, jah apa-apaan nih?

Terpaksa beli CD kosong hanya untuk mencoba openSUSE ini, namun Alhamdullilah terbayar dengan tampilannya yang aduhai cantiknya.

Walaupun gue udah pake Kubuntu selama ini, tapi openSUSE mantep juga euy…, dengan wallpaper yang sanget berbeda dengan wallpaper seperti biasa, openSUSE sepertinya ingin menarik gue dari dunia per-Ubuntu-an😛

Modem Huawei Telkomsel Flash langsung dikenali, ga kayak Ubuntu yang rada-rada bloon itu (mosok gue harus upgrade kernel hanya gara-gara modem?)

Masalah Sound
Masalah ini sepertinya masih ada di laptop Compaq gue, ga peduli pake Ubuntu, Slackware, openSUSE, Mandriva, tetep weh ada masalah sound yang beginian, bergema, paling parah kalo ngga bunyi (doh)

Nah, sepertinya Compaq tidak memakai MSI yah? merepotkan, pegimane caranya nih?

1. Masuk ke YaST (openSUSE Menu) -> Computer -> YaST dan masukkan password
2. Setelah itu akan muncul jendela utamanya, cari tab Hardware dan klik Sound :

3. Selanjutnya, klik Edit pada “82801l (ICH9 Family) HD Audio Controller”

4.  JANGAN DIOTAK-ATIK, selanjutnya, klik Add pada option

5. Tambahin parameter berikut :
Name of the Option : enable_msi
Value : 1

RESTART! dan Compaq anda tidak akan bergema lagi.

Masalah WiFi
Seperti biasa, openSUSE dan kroco-kroconya tidak menyediakan driver Broadcom B43xx (doh) namun itu bisa diatasi dengan cara berikut :

1. Pastikan file bcmwl5.inf ada di komputer anda, jika tidak, donlot dulu di sini
2. Selanjutnya extract file wifindisc-bcm4312.tar.gz

$ tar -xvf wifindisc-bcm4312.tar.gz

3. Jadilah root

$ su

4. Masuk ke folder driver Broadcom

# cd wifindisc-bcm4312/bcmwl5/

5. Waktunya Beraksi! install Driver Broadcom dengan tiga langkah mudah :

# ndiswrapper -i bcmwl5.inf
# modprobe ndiswrapper
# ndiswrapper -ma

RESTART! dan selanjutnya WiFi broadcom anda bisa langsung dikenali, silakan pake NetworkManager untuk mengaturnya

Masalah MP3
Wah… kalau ini gue belum nemu😛 nanti deh gue kasih tau di tulisan berikutnya

Overall : MANTAP!

Comments on: "Testing openSUSE 11.2" (4)

  1. mohon pencerahan bozz,
    aq dah cobain live cd nya, emang asik sih, jadi pengen instal di hardisk, lansung klik install ( di desktop ).Proses instalasi jalan lancar sampai dengan proses : copying 59 % , eh terus blank, di layar cuma cursor mouse, ditunggu2 … diem terus. Coba install lagi, tetep hasilnya sama. Penasaran, coba download iso lagi, diinstall, hasilnya sama.
    help me, plis

  2. wah keren sekali, jadi pengin coba coba juga,😀

  3. setujaaaa, keren abis pokoknyaaa
    tapi klo aku masalahnya pas direstart gak bisa login lagi.

    piye yo..
    spesifikasi:
    AMD X2 QL-64, 1GB DDR2, 160GB HDD, 14 WXVGA, ATI HD3200

  4. wah…ini ne yng aku cari.
    waktunya mulai mencoba

Leave a Reply

